ROAD TO MUFFEST 2018 [MAKASSAR]

Road to MUFFEST Indonesia 2018 & Catch Your Style digelar di Kota Kelima dengan Dukungan Total Almeera

Makassar, 10 Maret 2018 ----- Dengan target sebagai pusat fashion muslim dunia, Indonesia harus siap sebagai barometer trend serta sentra produksi dan belanja fashion muslim global. Untuk mendorong perkembangan industri fashion muslim di tanah air sebagai salah satu upaya mewujudkan cita-cita bersama tersebut, Indonesian Fashion Chamber (IFC) bersama Dyandra Promosindo sebagai organizer serta community partner HijabersMom Community dan Hijabers Community akan kembali menggelar perhelatan Muslim Fashion Festival (MUFFEST) Indonesia pada tanggal 19-22 April 2018 di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta.

Ajang tahunan yang telah diselenggarakan sejak 2016 ini akan menghadirkan exhibition (pameran dagang) dengan konsep ritel atau B2C (Business to Customer) sekaligus mengarah pada B2B (Business to Business) untuk konsumen ritel maupun buyer dan fashion show yang menampilkan keragaman karya desainer dan brand fashion muslim di Indonesia, mulai dari gaya konvensional, kontemporer, hingga syar’i yang sesuai Indonesia Trend Forecasting (Muslim Fashion Trend) 2019/2020.

Dalam rangka mensosialisasikan dan mempersiapkan perhelatan MUFFEST 2018, diselenggarakan kegiatan pra-event “Road to MUFFEST 2018” dengan didukung penuh oleh Total Almeera yang merupakan detergen halal pertama di Indonesia sebagai sponsor Official Halal Detergent MUFFEST 2018. “Perkembangan fashion muslim di Indonesia tumbuh sangat cepat dan kesadaran masyarakat muslim Indonesia terhadap ke-halal-an sebuah produk pun semakin tinggi. Total Almeera sebagai produk detergen yang sangat peduli terhadap perawatan pakaian dan perkembangan fashion muslim di Indonesia tidak mau ketinggalan untuk turut mendukung perhelatan MUFFEST dengan menjadi sponsor Official Halal Detergent MUFFEST 2018 dan mendukung secara penuh rangkaian acara sosialisasi MUFFEST yaitu Road to MUFFEST 2018 dan Catch Your Style. Diharapkan partisipasi Total Almeera bisa memberikan kontribusi bagi perkembangan dunia fashion muslim di Indonesia sebagai penggerak ekonomi baru yang potensial mendorong pertumbuhan ekonomi nasional,” papar Roy Christianto, Product Category Manager Total Almeera Liquid.

Road to MUFFEST 2018 diselenggarakan di enam kota besar di Indonesia, yakni Bandung, Padang, Surabaya, Yogyakarta, Makassar, dan Jakarta. Pemilihan enam kota tersebut berdasarkan daerah yang terdapat cabang Indonesian Fashion Chamber (IFC) dan potensial dalam mendukung perkembangan industri fashion muslim di Indonesia. Kegiatan Road to MUFFEST 2018 meliputi sosialisasi perkembangan trend dalam industri fashion muslim dengan tema “Trend Fashion Muslim 2019/2020” yang didukung oleh Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf). “MUFFEST diarahkan sebagai ajang yang menampilkan potensi dari seluruh Indonesia dengan mengedepankan trend fashion muslim yang mengacu pada kecenderungan trend global agar dapat diterima secara mendunia. Kegiatan Road to MUFFEST 2018 untuk memberikan gambaran trend fashion muslim supaya ada kesetaraan dengan trend global, sehingga dapat mendukung desainer dan pelaku industri fashion muslim di berbagai daerah untuk meningkatkan kompetensi produknya. Seperti halnya Makassar yang memiliki geliat pasar fashion muslim yang sangat tinggi dan potensial untuk lebih dikembangkan,” tutur Dina Midiani, Advisory IFC dan Koordinator & Trend Expert Indonesia Trend Forecasting.

Setelah sukses diselenggarakan di empat kota, yaitu Bandung, Padang, Surabaya, dan Yogyakarta, Road to MUFFEST 2018 berlanjut ke kota kelima, Makassar, Sulawesi Selatan. Acara untuk publik yang bertempat di Mall GTC Makassar ini dibuka oleh Muhammad Alie selaku Ketua IFC Chapter Makassar dan menghadirkan narasumber yaitu Dina Midiani selaku Advisory IFC dan Koordinator & Trend Expert Indonesia Trend Forecasting serta Roy Christianto selaku Product Category Manager Total Almeera Liquid.

 “Sektor busana muslim di Makassar berkembang pesat seiring dengan jumlah pengguna hijab yang terbilang mayoritas dan semakin peduli terhadap trend. Terbukti semakin banyak bermunculan desainer, acara pameran atau fashion show, maupun komunitas yang berbasis fashion muslim. Masyarakat Makassar dan sekitarnya, khususnya pelaku industri fashion muslim sangat antusias dengan acara Road to MUFFEST 2018 untuk lebih mengenal tentang MUFFEST 2018 dan tentunya perkembangan trend fashion muslim sebagai acuan dalam mengembangkan produknya supaya dapat diterima pasar nasional bahkan internasional,” ungkap Muhammad Alie, Ketua IFC Chapter Makassar.

Bertepatan dengan kegiatan Road to MUFFEST 2018 di enam kota, secara bersamaan diselenggarakan acara “Catch Your Style” yang bertujuan untuk mengapresiasi pemakai busana muslim berkonsep OOTD (Outfit of The Day) di sejumlah kota besar di Indonesia. Khusus Catch Your Style akan diadakan di beberapa kota tambahan, yaitu Medan, Denpasar, Pontianak, Malang, Banda Aceh, dan Semarang. Tim desainer yang mewakili IFC Chapter Makassar bersama tim MUFFEST 2018 akan berkeliling ke tempat umum di kota Makassar untuk memilih OOTD busana muslim yang paling menarik. Pemenang Catch Your Style akan mendapatkan golden ticket untuk menghadiri acara MUFFEST 2018 serta bingkisan menarik dari Total Almeera, dan ditampilkan di media sosial (Youtube & Instagram) MUFFEST 2018.